Ketentuan Layanan

KETENTUAN PENGGUNAAN APLIKASI ZEN
Efektif Sejak 31 Desember 2024

Selamat datang di ZEN. Ketika Anda menggunakan ZEN, Anda mempercayakan informasi yang Anda miliki kepada kami, PT Tiga Persada Group (“ZEN” atau “Kami”). Penting bagi Kami untuk menjaga kepercayaan Anda, dan untuk itu Kami perlu Anda untuk membaca dan menyetujui Langkah-langkah yang Kami terapkan, untuk menjaga kepercayaan Anda, yang Kami jabarkan dalam ketentuan ini.

Ketentuan Layanan ini adalah perjanjian antara Anda (selaku Pengguna) dan Kami, Ketentuan Layanan ini mengatur akses dan penggunaan Anda atas aplikasi, situs web, konten dan produk yang disediakan oleh Kami (selanjutnya, secara bersama-sama disebut sebagai “Aplikasi”), serta penggunaan layanan yang tersedia pada Aplikasi atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan kami dalam menyediakan layanan pada Aplikasi (selanjutnya disebut sebagai “Mitra”).

  1. KETENTUAN UMUM
    1. Aplikasi ZEN adalah platform yang dapat digunakan untuk berbagi informasi Anda seperti informasi kontak, media sosial, dan lain sebagainya secara digital.
    2. Anda dapat mengakses layanan Kami dengan mengunduh perangkat lunak Aplikasi yang resmi disediakan oleh Kami dalam pasar digital resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store, dan untuk digunakan hanya pada perangkat telepon genggam. Mengunduh Aplikasi dari tempat lain selain pasar digital resmi dan/atau ke dalam perangkat lain selain telepon genggam atau tablet merupakan pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan ini dan terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
    3. Hal-hal yang harus dipenuhi untuk dapat menggunakan Layanan Aplikasi:
      1. Menggunakan telepon genggam yang memiliki fitur NFC;
      2. Nomor telepon selular harus dalam keadaan aktif (tidak terblokir);
      3. Jaringan data dan pulsa yang mencukupi (Prabayar) atau batas kredit yang mencukupi (Pascabayar).
    4. Mengenai Kata Sandi (Password) :
      1. Dalam proses masuk Akun pada Aplikasi, Anda dapat memasukkan Kata Sandi (Password);
      2. Kata Sandi (Password) dapat diganti oleh Anda melalui Aplikasi;
      3. Anda wajib menjaga kerahasiaan Kata Sandi (Password) dan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerahasiaannya;
    5. Jika Anda mengganti perangkat seluler Anda, Kata Sandi (Password) masih akan diperlukan bagi Anda untuk masuk ke Aplikasi.
    6. Apabila Anda terbukti melanggar Ketentuan Layanan Aplikasi ini atau dokumen tertulis lain yang resmi diterbitkan oleh Kami, maka Kami berhak menolak pendaftaran Akun termasuk namun tidak terbatas pada perintah-perintah Anda berdasarkan kebijakan Kami.
    7. Dengan mengunduh Aplikasi dan melakukan pendaftaran, Anda menyetujui dan mengakui bahwa Anda telah memberikan instruksi, kuasa, wewenang yang tidak dapat dicabut kembali kepada Kami untuk:
      1. Ketika Anda memasukkan, memberikan, membagikan informasi Anda dalam Aplikasi, maka Anda memberikan kuasa sepenuhnya kepada Kami yang bersifat non-eksklusif, dapat dialihkan, bebas royalti untuk menggunakan, mendistribusikan, menjalankan, menyalin, menayangkan, dan menerjemahkan. Ini berarti, misalnya Anda membagikan informasi Anda kepada Pengguna lain menggunakan Aplikasi, maka Anda memberikan kuasa kepada Kami untuk menyimpan, menyalin, dan membagikannya kepada pengguna lain (sesuai dengan pengaturan Anda) seperti Mitra yang mendukung layanan Kami atau layanan lain dalam Aplikasi yang Anda gunakan.
      2. Kuasa untuk mengupdate Aplikasi jika diperlukan.
  2. PEMBUKAAN DAN PENGAKSESAN AKUN APLIKASI
    1. Ketentuan ini berlaku terhadap seluruh pengguna yang mengakses dan/atau menggunakan salah satu atau seluruh layanan yang tersedia di Aplikasi atau platform mitra yang telah bekerja sama dengan Kami dimana melalui platform tersebut beberapa atau seluruh bagian dari layanan Aplikasi dapat diakses (selanjutnya, akan disebut sebagai “Platform Resmi Mitra”) dan terhadap setiap orang yang menyampaikan permintaan atau memberikan informasi kepada Kami atau kepada Platform Resmi Mitra terkait dengan setiap atau seluruh layanan Aplikasi.
    2. Sebelum menggunakan Aplikasi, Anda mendaftarkan diri atau melakukan login Anda dianggap telah menyetujui Ketentuan Layanan ini dan Kebijakan Privasi dengan memberikan informasi yang dibutuhkan oleh Kami. Saat melakukan pendaftaran, Kami akan meminta Anda untuk memberikan nama lengkap, alamat email, dan nomor telepon seluler pribadi Anda yang sah. Anda dapat mengubah informasi data diri Anda pada fitur pengaturan dalam Aplikasi.
    3. Kami berhak untuk menolak pembukaan dan pengaksesan Akun Aplikasi Anda, jika:
      1. Anda berusia di bawah 13 tahun;
      2. Anda terbukti melakukan tindakan kriminal termasuk namun tidak terbatas pada aksi terorisme berdasarkan hukum yang berlaku;
      3. Kami sebelumnya pernah menonaktifkan akun Anda karena melanggar Ketentuan Layanan atau Kebijakan kami;
  3. PENGGUNAAN APLIKASI DAN LAYANAN
    Anda mempunyai kebebasan penuh untuk memilih menggunakan Aplikasi atau aplikasi lain, menggunakan layanan yang tersedia pada Aplikasi atau tidak, atau berhenti menggunakan Aplikasi.
  4. INFORMASI PRIBADI
    1. Informasi Pribadi adalah setiap data, informasi, dan/atau keterangan dalam bentuk apapun yang dapat mengidentifikasikan diri Anda, yang dari waktu ke waktu Anda sampaikan kepada Kami atau yang Anda cantumkan atau sampaikan dalam, pada, dan/atau melalui Aplikasi yang menyangkut informasi mengenai pribadi Anda, yang mencakup, antara lain; nama lengkap, alamat surat elektronik (e-mail), nomor telepon selular pribadi termasuk namun tidak terbatas pada; IP address, informasi lokasi, data perangkat; dan data lainnya yang tergolong sebagai data pribadi.
    2. Anda setuju bahwa pengumpulan, pemanfaatan dan penyerahan data yang Anda sampaikan kepada Kami, termasuk melalui Platform Resmi Mitra, dan data yang Kami kumpulkan sehubungan dengan penyediaan layanan Kami kepada Anda, termasuk namun tidak terbatas pada informasi pribadi Anda, harus tunduk pada kebijakan privasi yang berlaku dalam Aplikasi.
    3. Anda memahami bahwa Ketika Anda melakukan pendaftaran akun Aplikasi, mengakses dan/atau menggunakan layanan Aplikasi, melalui Aplikasi dan/atau Platform Resmi Mitra, Anda mengungkapkan data dan informasi pribadi Anda kepada Kami. Anda juga setuju bahwa akan ada pengungkapan data atau informasi pribadi Anda antara Kami dan pihak-pihak yang mendukung layanan Kami kepada Anda. Anda memahami bahwa berbagi data ini diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan layanan Aplikasi dan dengan ini Anda menyetujui pembagian data tersebut. Anda juga memahami bahwa kebijakan privasi dan Platform Resmi Mitra tersebut dapat berlaku terkait dengan pengumpulan, pemanfaatan, dan penyerahan data Anda melalui Platform Resmi Mitra tersebut. Kami mendorong Anda untuk membaca dan meninjau kebijakan privasi yang relevan secara menyeluruh.
    4. Tanpa mengurangi ketentuan dalam kebijakan privasi yang berlaku, sebagai bagian dari upaya untuk menjaga informasi di akun Aplikasi Anda selalu aktual, Anda perlu untuk segera menyampaikan kepada Kami perubahan atas informasi pribadi yang telah Anda sampaikan sebelumnya. Kami tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian yang ditimbulkan oleh Anda yang mana disebabkan oleh kegagalan Anda untuk memperbaharui informasi dan data pribadi pada Aplikasi.
    5. Kami akan menggunakan Informasi Pribadi Anda untuk:
      1. Mengidentifikasi Penggunaan Anda atas Aplikasi;
      2. Memproses kegiatan dan/atau aktivitas yang Anda instruksikan;
      3. Mencegah, mendeteksi, mengatasi terjadinya tindakan kejahatan dan/atau kriminal yang mungkin terjadi dalam penggunaan Aplikasi;
      4. Mengembangkan, menambah dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan Anda;
      5. Mengembangkan, meningkatkan, dan menyediakan Layanan dan fitur-fitur di dalam Aplikasi dengan pelaksanaan riset;
      6. Pengiriman informasi yang Kami anggap berguna untuk Anda termasuk informasi tentang layanan dari Kami setelah Anda memberikan persetujuan kepada Kami bahwa Anda tidak keberatan dihubungi mengenai layanan Kami;
      7. Tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, rekaman-rekaman dalam database;
      8. Berkomunikasi dengan Anda sehubungan dengan segala hal mengenai Layanan dan fitur-fitur di dalam Aplikasi; dan
      9. Menjaga keamanan, dan keberlangsungan Layanan dan fitur-fitur di dalam Aplikasi.
      Dengan menggunakan Aplikasi, maka Anda setuju dan memberikan izin serta wewenang kepada Kami secara penuh untuk mengumpulkan dan menggunakan Informasi Pribadi Pengguna untuk tujuan-tujuan sebagaimana dimaksud dalam point diatas.
  5. AKUN ANDA
    1. Akun Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dengan alasan apapun. Kami berhak menolak untuk memfasilitasi layanan Aplikasi hingga melakukan pemblokiran akun jika Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan Akun Anda digunakan oleh orang lain.
    2. Anda dilarang untuk menggunakan atau memberikan informasi dan keterangan tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan Layanan Aplikasi termasuk namun tidak terbatas informasi mengenai nama lengkap, alamat surat elektronik (e-mail), dan informasi lainnya. Kami berhak untuk melakukan pemblokiran Akun Anda jika Kami mengetahui dan mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Anda telah memberikan informasi yang tidak benar.
    3. Keamanan dan kerahasiaan Akun Anda, termasuk nama terdaftar, alamat surat elektronik terdaftar (e-mail), nomor telepon selular terdaftar, informasi pribadi termasuk namun tidak terbatas pada seluruh tautan (Link) yang dimasukkan pada Aplikasi serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Kami atau Mitra sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, Kami akan menganggap setiap Penggunaan atau pesanan yang dilakukan melalui Akun Anda sebagai permintaan yang sah dari Anda.
    4. Segera beritahukan Kami jika Anda mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Kami akan melakukan tindakan yang Kami anggap perlu yang dapat Kami lakukan terhadap Penggunaan tanpa persetujuan tersebut.
  6. JANGKA WAKTU
    Akun Pengguna akan berlaku dan memiliki jangka waktu selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen.
  7. PEMBLOKIRAN DAN PENUTUPAN AKUN
    1. Pemblokiran dan penutupan akun dapat dilakukan jika terjadi hal-hal sebagai berikut:
      1. Anda melakukan penutupan akun dengan menghubungi kami;
      2. Laporan Anda bahwa akun Anda digunakan atau diduga telah digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain;
      3. Dilakukan sepihak oleh Kami dikarenakan terdapat satu dan lain hal yang menurut pertimbangan Kami memiliki suatu indikasi pelanggaran terhadap Ketentuan dan Kebijakan kami serta hukum yang berlaku sehingga akun Anda harus segera diblokir dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Anda.
    2. Sehubungan dengan point “a” di atas, Anda mengetahui dan setuju bahwa Kami berhak untuk memblokir, menonaktifkan akun Anda secara sepihak dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu apabila terjadi satu atau lebih hal sebagaimana disebutkan dibawah ini:
      1. Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang;
      2. Kami mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa Akun Anda telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;
      3. Kami mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi hal-hal yang menurut pandangan Kami telah atau dapat merugikan Kami, Pengguna Lainnya, Mitra atau pihak lainnya;
      4. Sistem Kami mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari Penggunaan Akun Anda atau adanya kewajiban berdasarkan Ketentuan Layanan, dan/atau Kebijakan Privasi yang tidak dipenuhi oleh Anda;
      5. Penggunaan Aplikasi atau Layanan oleh Anda atau pihak lain (yang menggunakan Akun Anda) dengan cara yang bertentangan dengan Ketentuan Layanan ini, Kebijakan Privasi atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
      6. vi.
      7. Anda melakukan pelanggaran terhadap Ketentuan dan Kebijakan kami;
      8. Anda memberikan informasi dan keterangan tidak benar atau menyesatkan pada saat melakukan pendaftaran atau selama menggunakan Layanan Aplikasi;
      9. Terdapat indikasi penyalahgunaan untuk kegiatan yang melanggar hukum;
      10. Sedang adanya pembaharuan, pemeliharaan, perubahan, upgrade atau tindakan lain atas layanan,fitur, dan/atau Aplikasi dimana dalam hal ini Kami tidak berkewajiban untuk mempertanggungjawabkannya kepada siapapun;
      11. Apabila Kami berdasarkan pertimbangan sendiri yang cukup beralasan memiliki alasan kuat lainnya sehingga Akun Anda perlu diblokir.
    3. Jika Akun Anda diblokir dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa Akun Anda seharusnya tidak diblokirkan, Anda dapat membuat Laporan kepada Kami untuk menyampaikan bukti-bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Kami akan, atas kebijakan Kami sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pemblokiran terhadap Akun Anda. Pemblokiran tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Kami memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pemblokiran telah diselesaikan.
    4. Apabila telepon genggam Anda dicuri, hilang, atau diretas mohon dengan segera dilaporkan kepada Kami untuk pemblokiran akun Anda. Apabila terjadi keterlambatan pemberitahuan dan menyebabkan kerugian, Pengguna setuju bahwa setiap kerugian tersebut merupakan tanggung jawab penuh Anda.
  8. PENYELESAIAN MASALAH
    1. Apabila Anda mengalami gangguan sistem, mengetahui atau menduga bahwa Akun Anda diretas, digunakan atau disalahgunakan oleh pihak lain, atau apabila perangkat telepon genggam atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri, diretas atau terkena virus, segera laporkan kepada Kami sehingga Kami dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari penggunaan, penyalahgunaan, atau kerugian yang timbul atau mungkin timbul lebih lanjut.
    2. Apabila Anda mengalami kendala atau masalah terkait layanan Aplikasi, Anda dapat menyampaikan keluhan Anda melalui fasilitas yang telah kami sediakan, termasuk pemberian peringkat dan komentar, atau dengan menghubungi Kami.
    3. Untuk menyampaikan keluhan, pertanyaan, sanggahan, dan lain-lain (“Laporan”), Anda perlu memberikan informasi yang cukup, termasuk namun tidak terbatas pada, ringkasan fakta yang terjadi, bukti-bukti yang Anda miliki, dan informasi pribadi, seperti alamat surat elektronik dan nomor telepon genggam terdaftar.
    4. Untuk menanggapi setiap Laporan yang Anda sampaikan, Kami akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan mencocokan informasi yang Anda berikan dan informasi pribadi Anda yang terdapat dalam sistem Kami. Jika diperlukan, Kami dapat secara langsung meminta Anda memberikan informasi yang diperlukan untuk tujuan verifikasi.
    5. Kami dapat menolak untuk menindaklanjuti Laporan Anda jika informasi yang Anda berikan tidak cocok dengan informasi pribadi yang terdapat dalam sistem Kami atau apabila Laporan disampaikan terkait, terhadap, atas nama atau oleh pihak lain yang berbeda dengan pemilik Akun yang bersangkutan yang terdaftar secara resmi pada sistem Kami. Kami dapat memberhentikan tindak lanjut terhadap Laporan Anda jika Kami, dengan kebijakan Kami sepenuhnya, menganggap bahwa Laporan Anda tidak didukung oleh fakta-fakta yang cukup dan jelas, atau telah selesai. Kami juga dapat meneruskan Laporan Anda kepada Mitra untuk diselesaikan secara langsung oleh Anda dan Mitra.
  9. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Aplikasi dan Layanan, termasuk namun tidak terbatas pada, nama, logo, kode program, desain, merek dagang, teknologi, basis data, proses dan model bisnis, dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak kekayaan intelektual lainnya yang tersedia berdasarkan hukum Republik Indonesia yang terdaftar baik atas nama Kami ataupun afiliasi Kami. Kami memiliki seluruh hak dan kepentingan atas Aplikasi dan Layanan, termasuk seluruh hak kekayaan intelektual terkait dengan seluruh fitur yang terdapat didalamnya dan hak kekayaan intelektual terkait.
    2. Tunduk pada Ketentuan Layanan ini, Kami memberikan Anda lisensi terbatas yang tidak eksklusif, dapat ditarik kembali, tidak dapat dialihkan (tanpa hak sublisensi) untuk (i) mengunduh, mengakses, dan menggunakan Aplikasi, sebagaimana adanya, hanya pada perangkat berupa telepon genggam dan/atau tablet pribadi Anda dan hanya untuk keperluan terkait penggunaan Layanan, dan (ii) mengakses atau menggunakan konten, informasi dan materi terkait yang tersedia pada Aplikasi hanya untuk kepentingan pribadi dan bukan tujuan komersial. Hak dan hak istimewa lainnya yang tidak secara tegas diberikan dalam Ketentuan Layanan ini, adalah hak Kami atau pemberi lisensi Kami.
    3. Setiap penggandaan, distribusi, pembuatan karya turunan, penjualan atau penawaran untuk menjual, penampilan baik sebagian atau seluruhnya, serta penggunaan Aplikasi dan/atau Layanan, baik secara digital atau lainnya atau pada perangkat selain telepon genggam atau tablet, termasuk namun tidak terbatas pada penggunaan aplikasi tambahan seperti aplikasi modifikasi, emulator, dan lain-lain, yang menyimpang dari Ketentuan Layanan ini, maupun tujuan penggunaan yang ditentukan oleh Kami, merupakan pelanggaran terhadap hak kekayaan intelektual Kami.
    4. Anda tidak boleh:
      1. Menghapus setiap pemberitahuan hak cipta, merek dagang atau pemberitahuan hak milik lainnya yang terkandung dalam Aplikasi;
      2. Menyalin, memodifikasi, mengadaptasi, menerjemahkan, membuat karya turunan dari, mendistribusikan, memberikan lisensi, menjual, mengalihkan, menampilkan di muka umum baik sebagian maupun seluruhnya, merekayasa balik (reverse engineer), mentransmisikan, memindahkan, menyiarkan, menguraikan, atau membongkar bagian manapun dari atau dengan cara lain mengeksploitasi Aplikasi (termasuk perangkat lunak, fitur dan Layanan di dalamnya);
      3. Memberikan lisensi, mensublisensikan, menjual, menjual kembali, memindahkan, mengalihkan, mendistribusikan atau mengeksploitasi secara komersial atau membuat tersedia kepada pihak lain Aplikasi dan/atau perangkat lunak dengan cara menciptakan tautan (link) internet ke Aplikasi atau "frame" atau "mirror" setiap perangkat lunak pada server lain atau perangkat nirkabel atau yang berbasis internet;
      4. Meluncurkan program otomatis atau script, termasuk, namun tidak terbatas pada, web spiders, web crawlers, web robots, web ants, web indexers, bots,virus atau worm, atau program apapun yang mungkin membuat beberapa permintaan server per detik, menciptakan beban berat atau menghambat operasi dan/atau kinerja Aplikasi;
      5. Menggunakan aplikasi pencarian atau pengambilan kembali situs, perangkat manual atau otomatis lainnya untuk mengambil (scraping), indeks (indexing), survei (surveying), tambang data (data mining), atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Aplikasi atau isinya;
      6. Menerbitkan, mendistribusikan atau memperbanyak dengan cara apapun materi yang dilindungi hak cipta, merek dagang, atau informasi lain yang Kami miliki tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Kami atau pemilik hak yang melisensikan hak-nya kepada Kami, dan
      7. Menggunakan dan/atau mengakses secara tidak resmi Aplikasi untuk (a) merusak, melemahkan atau membahayakan setiap aspek dari Aplikasi, Layanan atau sistem dan jaringan terkait, dan/atau (b) membuat produk atau layanan tandingan serupa menggunakan ide, fitur, fungsi atau grafik menyerupai Aplikasi.
  10. PERNYATAAN DAN JAMINAN PENGGUNA
    1. Anda menyatakan dan menjamin bahwa Anda telah berusia minimal 13 (tiga belas) tahun dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan dan Anda secara hukum memiliki kapasitas dan berhak untuk mengikatkan diri pada Ketentuan Layanan ini. Jika Anda tidak memenuhi ketentuan tersebut namun tetap mengakses atau menggunakan Aplikasi, Layanan, maka Anda menyatakan dan menjamin bahwa tindakan Anda membuka, mengakses atau melakukan aktivitas lain dalam Aplikasi telah disetujui oleh orang tua, wali atau pengampu Anda. Anda secara tegas mengesampingkan setiap hak berdasarkan hukum untuk membatalkan atau mencabut setiap dan seluruh persetujuan yang Anda berikan berdasarkan Ketentuan Layanan ini pada waktu Anda dianggap telah dewasa secara hukum.
    2. Anda setuju untuk membebaskan Kami dari setiap tuntutan yang diajukan dan kerugian yang ditimbulkan dalam bentuk apapun, baik langsung atau tidak langsung, terkait atau sehubungan dengan Platform Resmi Mitra, pelanggaran pernyataan, jaminan atau Ketentuan Layanan Aplikasi ini atau tidak dilaksanakannya suatu kewajiban dalam Ketentuan Layanan Aplikasi ini oleh Anda.
    3. Anda dengan ini menyatakan dan menjamin bahwa data dan informasi yang didaftarkan atau diberikan adalah benar, akurat dan lengkap dan tidak menyesatkan dalam bentuk apapun.
    4. Anda tidak akan memberikan hak, wewenang dan/atau kuasa dalam bentuk apapun dan dalam kondisi apapun kepada orang atau pihak lain untuk menggunakan data, akun dan/atau Kata Sandi (Password) karena alasan apapun dan dalam kondisi apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan akun kepada orang atau pihak manapun.
    5. Anda menjamin bahwa setiap informasi yang Anda berikan pada Aplikasi:
      1. Anda memiliki hak untuk menggunakan informasi tersebut dan memberikan hak, wewenang serta kuasa kepada kami sebagaimana ditentukan dalam Ketentuan ini;
      2. Tidak melanggar hak privasi, hak publisitas, hak cipta, hak kontrak dan lain sebagainya dari pihak manapun;
      3. Tidak akan menyebabkan Anda atau Kami melanggar hukum, peraturan, aturan, atau kewajiban hukum lainnya termasuk namun tidak terbatas menyebabkan kerusakan reputasi Kami;
      4. Tidak bersifat pornografi, tidak wajar, tidak pantas, memfitnah, meremehkan, tidak senonoh, menghasut, menyinggung, mengancam, kasar, dapat memicu kebencian rasial, diskriminatif menghujat, melanggar kepercayaan atau melanggar privasi (Anda memahami dan setuju bahwa kami berhak untuk mengambil tindakan apapun yang kami anggap perlu dalam keadaan seperti ini termasuk namun tidak terbatas pada menghapus informasi tersebut, atau memblokir akun Anda);
      5. Tidak bersifat menyesatkan, menipu, dimaksudkan atau dirancang untuk memberikan informasi yang salah. Anda menjamin bahwa Anda tidak menyatakan sesuatu hal yang salah sebagai fakta;
      6. Bukan merupakan iklan atau dukungan yang tidak sah dari produk apapun; dan
      7. Bukan merupakan informasi yang mendukung kegiatan kriminal dan/atau terorisme, serta dilarang oleh peraturan perundang-undangan Republik Indonesia.
    6. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim sebagai dimaksud butir e diatas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang Kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
    7. Anda menyatakan dan menjamin tidak akan dengan alasan apapun meminta kembali setiap dan seluruh data/ dokumen yang telah disampaikan kepada Kami dan karenanya Anda setuju bahwa Kami berhak menggunakan data dan informasi tersebut sebagaimana tertera pada pasal 5 mengenai Informasi Pribadi.
    8. Dengan mengakses dan menggunakan layanan Aplikasi maka Anda memahami bahwa seluruh komunikasi dan instruksi dari Anda yang diterima oleh Kami akan diperlakukan sebagai bukti otentik meskipun tidak dibuat dalam bentuk dokumen tertulis atau diterbitkan dalam bentuk dokumen yang ditandatangani.
    9. Anda menyatakan dan menjamin untuk membebaskan dan melepaskan Kami dari segala gugatan, tuntutan dan/atau ganti kerugian dari pihaknya maupun dari pihak manapun sehubungan dengan kelalaian Anda dalam memenuhi ketentuan mengenai pernyataan dan jaminan ini.
    10. Anda memahami dan menyetujui bahwa seluruh resiko yang timbul dari penggunaan Aplikasi dan Layanan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda dan Anda dengan ini setuju untuk melepaskan Kami dari segala tuntutan apapun sehubungan dengan kerusakan, gangguan, atau bentuk lain dari gangguan sistem yang disebabkan oleh akses tidak resmi oleh pihak lain.
  11. PEMBATASAN TANGGUNG JAWAB
    1. Kami berupaya keras untuk menyediakan layanan terbaik dan memberikan pedoman yang jelas kepada seluruh pengguna Kami. Namun Layanan kami disediakan dalam kondisi “apa adanya”. Kami dan Mitra tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun atas reliabilitas, keamanan, ketepatan waktu, kualitas, kesesuaian, ketersediaan, akurasi dan/atau kelengkapan Layanan, Aplikasi dan/atau Sistem. Kami tidak memberikan pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun bahwa:
      1. Penggunaan Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem (atau bagian daripadanya) akan aman, tepat waktu, tidak terganggu atau bebas dari kesalahan, gangguan, virus, atau hambatan lain atau komponen berbahaya lainnya;
      2. Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem dapat tetap beroperasi atau digunakan bersamaan dengan atau dengan kombinasi perangkat (baik hardware maupun software) atau sistem pihak lain yang tidak kami sediakan atau miliki untuk pengoperasian Aplikasi;
      3. Platform Resmi Mitra maupun Aplikasi atau penggunaan Akun akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
      4. Setiap data yang Kami simpan atau tersimpan dalam Aplikasi atau Sistem harus akurat atau terpercaya;
      5. Kualitas Layanan atau Aplikasi akan memenuhi persyaratan atau harapan Anda;
      6. Tidak akan ada kesalahan, gangguan atau cacat dari Sistem, Layanan dan/atau Aplikasi.
      Mengingat bahwa Kami hanya sebagai penyedia platform atas sebagian besar Layanan yang disediakan oleh Mitra, maka Kami tidak bertanggung jawab terhadap isi, bentuk, jenis dan/atau ketersediaan dari Layanan tersebut maupun hal-hal lain terkait dengan Layanan tersebut yang sepenuhnya merupakan tanggung jawab pihak Mitra.
    2. Anda dengan ini mengetahui bahwa Layanan, Aplikasi, Akun dan/atau Sistem mungkin atau dapat mengalami, terdapat atau terjadi pembatasan, keterlambatan, dan/atau masalah lain termasuk yang disebabkan karena atau sehubungan dengan :
      1. Ketidaktersediaan atau terbatasnya jaringan (termasuk jaringan internet) dan/atau penggunaan atau;
      2. Tidak tersedianya, terganggunya, atau tidak berfungsinya fitur tertentu pada perangkat yang Anda gunakan.
      Kami tidak bertanggung jawab atas segala keterlambatan, terhambatnya, tidak suksesnya, terganggunya atau gagalnya suatu kegiatan dan/atau aktivitas pada Aplikasi yang disebabkan karena hal tersebut diatas.
    3. Anda dengan ini mengetahui bahwa terdapat kemungkinan :
      1. Sistem atau Aplikasi (atau bagian manapun dari Sistem atau Aplikasi) tidak stabil, terganggu, terhenti, tidak berjalan dengan baik, tidak berjalan dengan sempurna dan/atau memiliki beberapa bug, dan/atau;
      2. Layanan (atau fitur-fitur atau bagian-bagian tertentu) dapat berubah, tidak tersedia, dan atas terjadinya hal tersebut Anda setuju untuk tidak mengajukan Klaim kepada Kami.
    4. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari segala Klaim dalam bentuk apapun dan dimanapun dalam hal Kami tidak dapat melaksanakan, melanjutkan atau meneruskan perintah atau instruksi dari Anda melalui Aplikasi atau Akun, baik sebagian maupun seluruhnya yang disebabkan karena kejadian-kejadian atau hal-hal diluar kekuasaan dan kemampuan Kami termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Segala gangguan virus komputer;
      2. Sistem trojan horse;
      3. Komponen atau sistem yang dapat membahayakan serta mengganggu Aplikasi, Layanan dan/atau Akun;
      4. Layanan atau jasa internet service provider atau jasa atau layanan pihak ketiga lainnya yang tersedia dalam Layanan, dan/atau;
      5. Bencana alam, perang, hura-hara, keadaan peralatan, sistem atau transmisi yang tidak berfungsi , gangguan listrik, gangguan telekomunikasi, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan dan/atau keuangan serta kejadian-kejadian atau sebab-sebab lain diluar kekuasaan atau kemampuan Kami.
    5. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk membebaskan Kami dari setiap dan seluruh Klaim dalam bentuk apapun, dari pihak manapun dan dimanapun yang diajukan, timbul atau terjadi sehubungan dengan atau sebagai akibat dari :
      1. Penggunaan Data oleh Kami berdasarkan Ketentuan dan Kebijakan yang ditetapkan oleh Kami atau berdasarkan persetujuan, pengakuan, wewenang, kuasa dan/atau hak yang Anda berikan baik secara langsung maupun tidak langsung kepada Kami dalam Ketentuan Layanan ini;
      2. Pemberian Data baik secara langsung maupun tidak langsung dari Anda kepada Kami atau dalam atau melalui Aplikasi ini yang Anda lakukan secara :
        1. Melanggar atau melawan hukum atau peraturan perundang-undangan yang berlaku;
        2. Melanggar hak (termasuk hak kekayaan intelektual) dari atau milik orang atau pihak manapun;
        3. Melanggar kontrak, kerjasama, kesepakatan, akta, pernyataan, penetapan, keputusan dan/atau dokumen apapun dimana Anda merupakan pihak atau dimana Anda atau aset Anda terikat;
      3. Penggunaan Aplikasi, Akun dan/atau Layanan:
        1. Secara tidak sah
        2. Melanggar hukum yang berlaku
        3. Melanggar Ketentuan ini, dan/atau
        4. Untuk tindakan atau tujuan penipuan, kriminal, tindakan tidak sah atau tindakan pelanggaran hukum lainnya
    6. Anda dengan ini setuju dan mengikatkan diri untuk mengganti seluruh kerugian yang Kami alami dan mengganti seluruh biaya, ongkos, beban dan pengeluaran yang telah atau mungkin akan Kami keluarkan atau bayarkan sehubungan dengan atau sebagai akibat dari Klaim sebagai dimaksud butir e diatas (termasuk tetapi tidak terbatas pada biaya jasa hukum yang Kami bayarkan atau keluarkan untuk melakukan pembelaan atau tindakan lain yang diperlukan terkait dengan Klaim tersebut).
    7. Anda dengan ini setuju bahwa Kami akan dibebaskan dari segala tuntutan, jika Kami tidak dapat melaksanakan instruksi dari Anda, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada diluar kendali atau kemampuan Kami, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur elektronik atau transmisi, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, kegagalan sistem atau hal lainnya yang ditetapkan oleh lembaga berwenang lainnya.
    8. Sebagai Pemilik Akun, Anda bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan Akun Anda, termasuk namun tidak terbatas pada; kerahasiaan Kata Sandi (Password) yang Anda gunakan untuk login dan mengakses Akun Anda dan layanan-layanan Kami. Oleh karena itu, Kami tidak bertanggung jawab apabila, Anda mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan Akun Anda, dan dengan ini Anda membebaskan Kami, Direksi, Dewan Komisaris, Karyawan, dan/atau afiliasi Kami, dari segala tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Anda ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Anda. Anda bertanggung jawab sepenuhnya atas segala risiko yang timbul sehubungan dengan kelalaian Anda dalam menjaga kerahasiaan informasi data Anda.
    9. Anda wajib menjaga nomor telepon seluler milik Anda dari antara lain kehilangan/kerusakan, mencegah agar nomor telepon seluler Anda tidak disalahgunakan oleh pihak lain/dipalsukan. Anda dengan ini mengetahui dan menyetujui bahwa Kami tidak bertanggung jawab atas hal-hal berikut (namun tidak terbatas pada):
      1. Kehilangan atau kerusakan HP / smartphone / perangkat telekomunikasi, maupun nomor HP.
      2. Segala kerugian sebagai akibat dari penggunaan Aplikasi yang terindikasi melanggar hukum dan/atau penyalahgunaan oleh pihak yang tidak berwenang.
      3. Segala kerugian dan/atau kerusakan karena tidak beroperasinya dan/atau terdapat gangguan yang terkait force majeure sebagaimana tertera pada Ketentuan ini.
  12. FORCE MAJURE
    Tidak dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan sebagian atau keseluruhan kewajiban berdasarkan Ketentuan Layanan ini oleh Kami, tidak dianggap sebagai pelanggaran terhadap Ketentuan Layanan Aplikasi apabila hal tersebut terjadi karena keadaan di luar kendali Kami (Force Majeure), termasuk namun tidak terbatas pada:
    1. Bencana alam;
    2. Peristiwa kebakan, pemogokan, perang, huru-hara, pemberontakan atau tindakan militer lainnya;
    3. Tindakan pihak/instansi yang berwenang yang mempengaruhi kelangsungan penyelenggaraan telekomunikasi;
    4. Tindakan pihak ketiga yang menyebabkan Kami tidak dapat memberikan jasa telekomunikasi;
    5. Adanya keputusan atau perubahan keputusan yang berdampak pada pelaksanaan layanan Aplikasi ini;
    6. Dalam hal ini terjadi gangguan teknis pada jaringan (network) atau sedang dilakukannya peningkatan, perubahan, perbaikan, dan/atau pemeliharaan jaringan yang mengakibatkan terganggunya layanan Aplikasi, maka Kami akan melakukan penanganan dan perbaikan segera atau maksimum 7 (tujuh) hari kerja dalam hal ini Anda akan menerima notifikasi dari Kami melalui Aplikasi maupun surat elektronik atas adanya gangguan layanan tersebut.
  13. LAIN-LAIN
    1. Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan Layanan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol `daftar atau masuk` saat akan mengakses Akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Kami sehingga keberlakuan Ketentuan Layanan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi dan Layanan oleh Anda.
    2. Kami senantiasa bekerja untuk menyempurnakan layanan Kami dan mengembangkan fitur-fitur baru guna membuat layanan Kami menjadi lebih baik bagi Anda. Oleh karena itu, kami perlu memperbarui Ketentuan ini dari waktu ke waktu guna dapat mencerminkan layanan dan praktik kami secara akurat. Kami hanya akan melakukan perubahan jika ketentuan tersebut tidak sesuai atau kurang lengkap, dan hanya jika perubahan tersebut bersifat wajar dan sesuai dengan kepentingan Anda.
    3. Kami akan memberitahu Anda sebelum kami membuat perubahan pada Ketentuan ini dan memberi kesempatan kepada Anda untuk meninjau perubahan tersebut sebelum diberlakukan. Setelah Ketentuan yang diperbarui diberlakukan, Anda akan terikat dengan Ketentuan baru tersebut jika Anda terus mengakses dan menggunakan layanan Aplikasi Kami.
    4. Jika Anda tidak setuju dengan Ketentuan kami yang telah diperbarui, maka Anda dapat menghapus akun Anda kapan saja.
    5. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Ketentuan Layanan atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.
    6. Anda tidak dapat mengalihkan hak Anda berdasarkan Ketentuan Layanan ini tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Kami. Namun, Kami dapat mengalihkan hak Kami berdasarkan Ketentuan Layanan ini setiap saat kepada pihak lain tanpa perlu mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari atau memberikan pemberitahuan sebelumnya kepada Anda.
    7. Bila Anda tidak mematuhi atau melanggar ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini, dan Kami tidak mengambil tindakan secara langsung, bukan berarti Kami mengesampingkan hak Kami untuk mengambil tindakan yang diperlukan di kemudian hari.
    8. Ketentuan ini tetap berlaku bahkan setelah pembekuan sementara, pembekuan permanen, penghapusan Aplikasi atau setelah berakhirnya perjanjian ini antara Anda dan Kami.
    9. Jika salah satu dari ketentuan dalam Ketentuan Layanan ini tidak dapat diberlakukan, hal tersebut tidak akan memengaruhi ketentuan lainnya.
    10. Ketentuan Layanan ini diatur berdasarkan hukum Republik Indonesia. Setiap dan seluruh perselisihan yang timbul dari penggunaan Aplikasi atau Layanan tunduk pada yurisdiksi eksklusif Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
  14. HUBUNGI KAMI
    1. Anda dapat menghubungi Kami melalui surat elektronik ke [email protected]. Semua korespondensi Anda akan dicatat, direkam dan disimpan untuk arsip Kami.
Saya telah membaca dan mengerti seluruh Ketentuan Layanan ini dan konsekuensinya dan dengan ini menerima setiap hak, kewajiban, dan ketentuan yang diatur di dalamnya.